Orgil Bertambah

Orgil Bertambah

\"orgil\"JUMLAH Orang Gila (orgil) di Kabupaten Kaur setiap tahun terus meningkat. Sebab, berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur saat ini Orgil di Kaur tahun 2019 ini mencapai 94 orang. “Tahun ini ada sekitar 94 orang lagi terbanyak di Kecamatan Kaur Selatan sisanya menyebar,” kata Kepala Dinsos Kaur, H Sidarmin Tetap MPd melalui Kabid Rehsos, drh Rahmat Fajar belum lama ini.

Menurutnya sepanjang tahun 2019 ini tidak begitu banyak terjadi penambahan orang gila, dari data yang ada pada pihaknya hanya ada penambahan sebanyak 20 orang. Itu juga tidak dilakukan pemasungan mereka hanya diberikan pengawasan saja. Pasalnya, selain tidak membahayakan warga kondisi mentalnya masih dalam ambang kewajaran.

“Kita harapkan tiap tahun jumlah Orgil yang dipasung berkurang, jumlahnya ini sudah kita sampaikan ke instansi terkait dalam hal ini kementrian sosial,” tegasnya.

Ditambahkanya, pihaknya memastikan setelah melakukan observasi dua orgil tahun ini. Kedepannya akan kembali dilakukan observasi terhadap lima orgil yang saat ini masih menjalani pemasungan. Nama-nama mereka sudah masuk dalam program prioritas pihak kemensos RI hanya saja lantaran keterbatasan dana sehingga tidak bisa dilakukan secara serentak.

“Karena untuk membebaaskan pasungan orgil dan membawanya ke RSJKO Bengkulu, kemensos menanggung seluruh pembiayaan dan perawatan yang bersangkutan hingga sembuh,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: